PENGEMBANGAN ORGANISASI

  By. Nora Defita

 

1.Latar Belakang

Bidang ini bersifat kritis dan berbasis sains, karena membantu organisasi membangun kapasitas mereka untuk berubah dan mencapai efektivitas yang lebih besar dengan mengembangkan, meningkatkan, serta memperkuat strategi-struktur-proses kerja. Pengembangan ini juga dikatakan sebagai proses yang sangat memerlukan waktu dan hasil yang tidak instan, karena banyak tahapan dan evaluasi untuk menjalankannya.

 

2. Tujuan Pengembangan Organisasi

2.1 Alat identifikasi perubahan

            Tujuan pengembangan organisasi yang pertama adalah mengindentifikasi perubahan dengan menguraikan cara-cara spesifik untuk meningkatkan operasi perusahaan atau karyawan yang akan terpengaruh oleh perubahan tersebut.

 

2.2 Promosi dan kelola pertumbuhan

Pengembangan organisasi bertujuan dengan pertumbuhan organisasi, maka hal ini dapat dicapai melalui analisis pengembangan yang menyatukan proyeksi penjualan dan permintaan pelanggan untuk menentukan tingkat pertumbuhan perusahaan

 

2.3 Dukung Inovasi

            Pengembangan organisasi bisa bertujuan untuk inovasi produk atau layanan, karena membantu analisis setiap elemen pengembangan produk danmenciptakan metode penerapan yang efektif seperti analisis kompetitif, pengembangan teknologi preferensi konsumen, riset pasar, analisis kapabilitas manufaktur, serta paten dan merek dagang.

2.4. Analisis proses kerja

            Ketika perusahaan mengembangkan organisasi, tim HR dan OD dapat menganalisis proses kerjauntuk effesiensi akurasi. Anda dan tim dapat menemukan hal-hal yang tumpang tindih, tugas yang tidak dilakukan oleh tim, atau banyak karyawan mengerjakan tugas yang kurang terorganisir

 

3. Proses Untuk Menjalankan Pengembangan Organisasi

            Pengembangan Organisasi dipandang sebagai proses, bukan solusi mutlak dari sebuah masalah perusahaan. Proses ini bisa berjalan lama dan berkelanjutan, di dalamnya terdapat berbagai proses. Berikut adalah lima prosesnya:

 

3.1 Identifikasi masalah

Proses ini akan mengidentifikasi masalah pertumbuhan organisasi, kepuasan karyawan, efektivitas organisasi, dan mengumpulkan data yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah tersebut

 

3.2 Pengumpulan data

Selain pengumpulan data dalam identifikasi masalah, tim HR dan OD juga mengumpulkan data lain kepada karyawan, seperti wawancara, observasi, dan/atau kuesioner. Anda dapat menggunakan semua atau satu metode saja, setelah itu analisis hasilnya.

 3.3 Diagnosis

Diagnosis membutuhkan keterampilan analisis dan observasi yang baik, karena sering kali pelaporan masalah kurang jelas, sehingga perubahan yang dilakukan oleh perusahaan menjadi praktik yang merugikan. Namun diagnosistidak bolehdibatasi pada satu masalah, karena faktor seperti sikap, asumsi, sumber daya yang tersedia, juga perlu diperhitungkan dan ditemukan sumber masalahnya untuk mengubah sistem, struktur, atau individu.


3.4. Intervensi perubahan

Setelah mendiagnosis, tim HR dan OD menentukan intervensi perubahan, yakni serangkaian aktivitas yang direncanakan, diprogram, dan teknik yang digunakan oleh perusahaan

3.5. Evaluasi dan feedback

            Evaluasi akan membantu tim untuk mengetahui apa yang telah dilakukan oleh perusahaan, apakah hal tersebut sudah benar atau tidak, dan apakah perlu hal itu perlu perbaikan atau dilanjutkan ke tahap berikutnya. Selanjutnya, tim memerlukan feedback dari karyawan atau pelanggan untuk menganalisis proses lebih lanjut

 

4. Praktik Pengembangan Organisasi

Praktik pengembangan organisasi bermacam-macam, tetapi hal tersebut kembali lagi pada tujuan perusahaan dalam pengembangan organisasi. Di bawah ini contoh praktik pengembangannya.

 

4.1 Sistem project management

            Bisnis kecil yang tertarik untuk meningkatkan pengelolaan proyek oleh karyawan dapat membuat sistem project management. Sistem ini menggunakan metodologi ilmiah dan terstruktur dari awal sampai akhir agar mencapai tujuan yang diinginkan

 

4.2. Pelatihan layanan pelanggan

            Pelatihan dapat meningkatkan seberapa efisien karyawan bekerja dan bagaimana layananyang mareka berikan kepada pelanggan. Layanan yang buruk dapat menghasilkan penurunan penjualan dan reputasi yang tidak menguntungkan bagi perusahaan. Dengan mengembangkan program pelatihan, pelatih akan mengasah keterampilan karyawan tentang layanan pelanggan. Mulai dari menghadapi pelanggan yang sulit hingga menyelesaikan masalah mereka

 

4.3 Tingkatkan hubungan masyarakat

Melalui pengembangan organisasi, tim OD dan HR dapat berkontribusi kepada komunitas dan masyarakat sekitar sehingga hubungan perusahaan dengan mereka terjalin baik, seperti program CSR.

 

4.4. Manajemen perubahan

            Praktik ini merencanakan dan melaksanakan perubahan signifikan, seperti reorganisasi atau perpindahan dan perubahan divisi. Hal ini akan membantu manajer untuk menilai setiap karyawan, sehingga orang yang tepat berada di peran yang tepat, dengan seperangkat keterampilan yang dibutuhkan di waktu yang tepat.

4.5. Merancang ulang proses bisnis

Pengembangan organisasi dapat dijadikan tools untuk menganalisis metode kerja saat ini guna menentukan urgensi perubahan metode kerja baru agar berjalan lebih baik. Praktik ini akan memperlihatkan proses bisnis yang perlu dijalankan oleh perusahaan agar memenuhi ekspektasi komunitas dan investor.

Mengingat pengembangan organisasi ialah proses yang berkelanjutan untuk meningkatkan kinerja karyawan dan perusahaan, maka pengambil keputusan perlu merespons perubahan industri hingga kemajuan teknologi

 

menilai setiap karyawan, sehingga orang yang tepat berada di peran yang tepat, dengan seperangkat keterampilan yang dibutuhkan di waktu yang tepat.

4.5. Merancang ulang proses bisnis

Pengembangan organisasi dapat dijadikan tools untuk menganalisis metode kerja saat ini guna menentukan urgensi perubahan metode kerja baru agar berjalan lebih baik. Praktik ini akan memperlihatkan proses bisnis yang perlu dijalankan oleh perusahaan agar memenuhi ekspektasi komunitas dan investor.

Mengingat pengembangan organisasi ialah proses yang berkelanjutan untuk meningkatkan kinerja karyawan dan perusahaan, maka pengambil keputusan perlu merespons perubahan industri hingga kemajuan teknologi

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer